Kendali / Kontrol Usaha Lele Holic



















BAB IV
Kendali / Kontrol

Untuk mengukur kinerja Lele Holic Resto, maka digunakan tolak ukur sebagai berikut :
è Pendapatan per bulan dan per tahun.
è Peban biaya per bulan dan per tahun.
è Tingkat kepuasan pelanggan.
è Pengembangan varian baru.

·           Implementasi
Target-target penjualan dan keuangan yang telah ditetapkan harus dicapai dengan tepat waktu dan juga tepat anggaran.

·           Organisasi pemasaran
Lele Holic Resto memiliki tim khusus dibidangnya untuk melakukan kegiatan pemasaran di tengah-tengah masyarakat. Adapun beberapa cara pemasaran Lele Holic Resto, di antaranya;
è Memasang iklan di media cetak.
è Memasang iklan di TV lokal.
è Menyebar poster – poster kecil di berbagai tempat yang startegis.
è Kabar dari mulut ke mulut.

·           Perencanaan darurat
è Kesulitan dan Resiko
o   Adanya pesaing-pesaing bisnis baru yang masuk ke pasar.
o   Masalah dalam penjualan varian baru yang oleh beberapa orang dianggap aneh/coba-coba.
è Resiko Terburuk
o   Bisnis tidak mendukung dirinya sendiri pada basis yang sedang berjalan.
o   Melakukan penutupan bidang usaha ini.


Organization and Management Planning
·         Visi
o   Menjadi pilihan utama sebagai tempat menikmati hidangan olahan lele berkualitas dengan aneka pilihan jenis dan rasa.
o   Menjadi Perseroan Terbatas (PT) di bidang kuliner terbesar di Yogyakarta.

·         Misi
o   Menjadikan Lele Holic Resto sebagai tempat rekreasi dan bersantai yang nyaman.
o   Menyajikan berbagai macam hidangan olahan lele berkualitas sehingga berpotensi menjadi tempat wisata kuliner Nasional.
o   Menjadikan Lele Holic Resto sebagai rumah makan yang siap memberikan pelayanan terbaik.

·         Motto
Selera Bos Harga Anak Kos
·         Struktur Organisasi

·         Spesifikasi Jabatan
1.    Untuk Manager:
§  Pria, berumur dibawah 30 tahun.
§  Berpendidikan minimal S1.
§  Dapat memimpin dengan baik dan memiliki pengalaman.
2.    Untuk Chef:
    • Pria/Wanita, single berumur di bawah 40 tahun.
    • Pandai memasak.
    • Berpendidikan minimal sesuai dengan keahliannya.
3.    Untuk Petugas Kebersihan:
§  Pria, single berumur di bawah 25 tahun.
§  Berpendidikan minimal SMU.
4.    Untuk Administrasi/Keuangan:
§  Wanita, usia max. 25 tahun berpendidikan minimal SMU.
§  Pengalaman dalam bidang ini.
5.    Untuk Pelayan:
§  Pria/Wanita, usia max. 25 tahun.
§  Pendidikan minimal SMU.
§  Penampilan menarik.

·         Job Description
1.    Untuk Manager :
Mengatur semua yang kegiatan yang ada di Lele Holic Resto.
2.    Untuk Chef:
Mengolah segala macam bahan baku makanan menjadi makanan yang lezat, bergizi dan menggugah selera pelanggan.
3.    Untuk Petugas Kebersihan:
Membantu untuk membersihkan tempat di sekitar lokasi usaha dan tempat usaha, agar kerapihan dan kenyamanan tempat tetap terjaga.
4.    Untuk Administrasi/Keuangan:
Melakukan pencatatan terhadap segala macam kegiatan yang berhubungan dengan keluar masuknya uang dan melaporkan ke pemilik.

5.    Untuk Pelayan:
Melayani segala macam kebutuhan pelanggan, mulain dari memesan makanan, menghidangkannya dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

·         Rencana Strategik
1.    Short term Goal
o   Menjadi tempat makan favorit bagi semua kalangan.
o   Memiliki kenaikan jumlah konsumen.
2.    Longterm Goal
o   Menguasai hingga 75% pangsa pasar rumah makan di Yogyakarta.
o   Mendirikan cabang di berbagai kota di Indonesia.
o   Menjadi franchise yang ternama, baik Nasional maupun international.

·         Kompensasi
Untuk perhitungan gaji Waiter dan cheff  per jam Rp 3.000,00 dengan asumsi UMR Yogyakarta Rp 624.000,00. Pegawai bekerja dalam sehari 10 jam, 7 hari dalam seminggu. Sehingga per jam  = Rp. 2.500,00. (gaji per bulannya dianggap Rp. 700.000,00). Dalam satu tahun pegawai dapat menerima gaji sebanyak 14 kali. Untuk gaji juru masak satu bulannya Rp. 900.000,00 dan untuk manager satu bulannya Rp. 1.100.000,00.


ALUR JALANNYA PRODUK KE KONSUMEN

       Konsumen memesan di kassa, masakan dimasak di dapur, setelah masak, makanan dikirim ke kassa kemudian disajikan di meja pelanggan. Disediakan kursi di sekeliling kassa area. Lalu jika ada konsumen yang memesan di table, maka dari kassa area, makanan akan diantar oleh pelayan ke meja pelanggan.


BEP
 = 12.655,13
 = 63,28
TFC  = Total Fixed Cost   (Biaya Tetap)
SP    = Selling Price  (Harga Jual)
VC    = Variable Cost   (Biaya Variabel)
Q      = Quantity   (Jumlah)

Rp 13.000,00 adalah rata-rata harga makanan, Rp 8.000,00 adalah biaya produksi tiap porsi. Diasumsikan tiap hari terjual 200 porsi, maka BEP akan terjadi pada hari ke 64.