Analisis Situasi Tentang Usaha Lele Holic



BAB II
Analisis Situasi

Pada tahun pertama Lele Holic Resto sudah mulai diterima dipasaran karena memiliki produk yang berkualitas unggulan dengan harga ekonomis. Untuk memenuhi kebutuhan pasar kami memiliki berbagai macam menu makanan dan minuman sesuai selera masyarakat pada umumnya.
Rangkuman Pasar
Kami selalu berkomunikasi kepada pengunjung guna meminta saran dan kritik, sehingga menu makanan yang kami sediakan selalu sesuai dengan keinginan pasar. Kami juga selalu memberikan pelanggan pelayanan yang terbaik. Bagi kami kepuasan pelanggan adalah hal yang utama.

Segmentasi
·         Geografis
è Kota Besar (Yogyakarta).
·         Demografi
è 80% kalangan mahasiswa 20% kalangan keluarga, usia 21 s/d 60 th, ekonomi menengah ke atas.
·         Faktor Perilaku
è  Karena kebutuhan yang semakin tidak terbatas, masyarakat menginginkan makanan yang cepat saji dan bervariasi untuk mengatasi kejenuhan.
Segmentasi pasar kami adalah sebagian besar kalangan mahasiswa dan keluarga yang tinggal di Yogyakarta.

Kebutuhan Pasar
è Hidangan lele varian baru.
è Aneka minuman.
è Tempat yang nyaman untuk menikmati makanan.
Analisis SWOT
§  Kekuatan
è Buka 10 jam.
è Memiliki tempat yang nyaman.
è Memiliki berbagai varian baru hidangan lele.
è Harga ekomonis kualitas eksekutif.
è Promosi yang menggoda.
§  Kelemahan
è Tempat usaha dan kualitas masakan belum dikenal.
è Harga bersaing.
§  Peluang
è Belum ada pelaku pasar bisnis olahan lele selengkap Lele Holic Resto.
è Tempat yang nyaman dan strategis memudahkan akses konsumen.
è Konsumen makanan tidak akan pernah habis/hilang.
§  Ancaman
è Konsumen haus akan varian-varian baru.
è Pesaing baru maupun pesaing lama yang mengubah konsep mereka.

Persaingan
Lele Holic Resto yang akan kami buat memiliki konsep yang baru dibandingkan dengan rumah makan yang lainnya. Yang kami tawarkan bukan hanya bukan hanya hidangan olahan biasa tetapi juga hidangan olahan lele yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan menggunakan strategi ini maka kami akan lebih bisa survive dalam menghadapi persaingan di pasar. Dengan hal ini juga maka kami berani menetapkan harga lebih tinggi dari rumah makan yang lain namun tetap dapat dijangkau masyarakat.
Selain itu untuk kedepannya kami akan berusaha membuka cabang dengan kreasi rasa yang belum pernah dicoba. Sehingga kami dapat menjadi lebih berbeda dengan rumah makan yang lainnya. Hal itulah yang nantinya akan menjadi kekuatan kami dalam menghadapi persaingan.



Penawaran produk
Hidangan yang kami tawarkan antara lain:
è Lele bakar raksasa saus tiram, bakso lele maupun lele balado yang menjadi menu utama di Lele Holic Resto.
è Hidangan dengan racikan bumbu yang khas dari juru masak Lele Holic Resto.
è Untuk kedepannya kami akan memperluas usaha dengan membuka cabang dan akan membuat varian hidangan yang baru. Hal ini dapat menjadi trend baru dan bisa menjadi kekuatan kami.

Kunci keberhasilan
Kunci keberhasilan kami adalah kreasi dan inovasi. Dengan kreasi-kreasi baru dalam pembuatan varian hidangan, kami akan selalu menjadi yang terdepan dan bisa menjadi trendsetter dalam dunia makanan. Bila hal ini dapat dicapai maka Lele Holic Resto bukan hanya sukses dalam bertahan hidup tetapi dapat mengembangakan usahanya menjadi lebih besar.

Isu-isu Penting
Sebagai sebuah bisnis yang baru, perjalanan usaha Lele Holic Resto akan sangat dipengaruhi oleh berbagai isu yang berkembang di masyarakat. Isu yang penting bagi Lele Holic Resto adalah:
è Banyaknya komunitas masyarakat yang semakin berkembang di masyarakat. Tentunya ini memberikan peluang bagi Lele Holic Resto untuk bisa menjadi tempat yang cocok bagi mereka untuk menikmati hidangan olahan lele dalam sebuah kebersamaan.